Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

Mengawali Era Reflektif Teaching di Gunungkidul

Refleksi merupakan kunci penting dalam peningkatan kompetensi diri guru, itulah yang menjadi tema pelatihan lesson study guru di Kabupaten Gunungkidul. Sebagai kegiatan tahunan, lesson study tahun ini memberikan konsep yang berbeda, konsep lesson studi yang bersifat terpisah, membebani guru model baik secara fisik maupun mental dan hal ini merupakan sebuh penghambat besar dalam mencapai tujuan menanamkan pentingnya refleksi dalam kegiatan pembelajaran. Maka kemudian diperkenalkanlah, konsep terbaru dalam melaksanakan lesson studi, yakni model parsipatori yang mengedepankan kolaborasi dan kolektivitas dalam berefleksi dan menemukan informasi pembelajaran yang cocok untuk permasalahan pembelajaran tertentu.

Dinas pendidikan Kabupaten Gunungkidul melaksanakan pelatihan ini pada tanggal 18-24 Agustus 2020 bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul. MGMP IPA SMP Kabupaten Gunungkidul mendapat kehormatan besar dalam event ini, disamping 20 anggotanya diundang sebagai peserta, Imam Wicaksono selaku wakil ketua MGMP diundang juga sebagai pemateri. Berbekal pengalaman belajar lesson studi di Jepang pada program pengiriman 1000 guru ke luar negeri di tahun 2019, tepatnya di Universitas Nagoya.Tugas sebagai pemateri ini terhitung berat karena diyakini diklat ini memiliki rating peminat rendah, karena peserta merasa tidak mendapatkan manfaat yang nyata, tetapi berbekal niat berbagai dan memperkenalkan konsep baru tersebut, tugas ini harus dilaksanakan.

Alhamdulilah, konsep baru ini direspon dengan baik oleh peserta. hal ini terlihat dari beberapa respon positif yang dilontarkan dalam diskusi. Tetapi langkah ini baru awal, dan masih panjang untuk menwujudkan generasi guru reflektif di Gunungkidul. Semoga langkah ini mendapatkan ridho Allah SWT, dukungan berkelanjutan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul dan dapat mengambil hati pada peserta pada kelanjutan program selanjutnya.

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *