Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

Saatnya Era Baru Ekstrakurikuler IPA

Apa yang ada di benak kita ketika mendengar ekstrakurikuler IPA? Beberapa akan terpikir tentang soal, lomba, karya ilmiah, rumus dan sebagainya. Kesannya, ekstrakurikuler IPA itu jauh dari suasana menyenangkan dan menggembirakan.

Menurut Permendikbud nomor 62 tahun 2014, prinsip pengembangan ekstrakurikuler salah satunya adalah bahwa program ekstrakurikuler memiliki sifat menyenangkan dan dalam suasana yang menggembirakan bagi peserta didik. Prinsip itu berlaku untuk ekstrakurikuler wajib maupun pilihan.

Ekstrakurikuler bidang IPA menjadi wadah untuk mewujudkan literasi sains dan rekayasa dalam pemanfaatan sains untuk menghasilkan karya yang bermanfaat. Ciri khas ekstrakurikuler bidang IPA adalah keterkaitan antara kegiatan dengan pengetahuan alam dan keterampilan praktik ilmiah. Dengan kondisi sekarang, harapannya ekstra IPA perlu muncul dengan semangat baru agar dapat memberikan kontribusi sesuai tuntutan zaman. Salah satunya adalah melengkapi dan ikut membina serta membekali keterampilan 4C dan jiwa enterpreneur pada peserta didik agar mampu bertahan dan bersaing di era sekarang. Sehingga diharpakan ekstrakurikuler bidang IPA dapat mendorong munculnya semangat peserta didik untuk berkompetisi di bidang IPA, berkarir atau berwirausaha (enterpreneur) dengan memanfaatkan pengetahuan IPA.

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *