Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

Tim MGMP IPA Support Kegiatan Upgrade Kompetensi TIK Guru

Masih di suasana pandemi corona ini, tahun ajaran baru 2020/2021  “terpaksa” siswa lanjut kegiatan BDR (belajar dari rumah). Meskipun demikian guru-guru wajib masuk ke sekolah.

Nah, berangkat dari kondisi BDR semester sebelumnya, kesiapan guru dalam mendampingi siswa dalam melakukan BDR pun perlu dipersiapkan dengan baik. Seperti yang dilakukan di SMP Negeri 1 Semanu Gunungkidul.

Di awal semester TA 2020/2021 ini, SMP Negeri 1 Semanu mengadakan kegiatan pelatihan in House Training pembelajaran kelas maya. Dengan Narasumber Triyono, S.Si, M.Pd dari tim MGMP IPA SMP Gunungkidul (sekretaris II MGMP, mantan tim litbang), Guru SMP 2 Semin. Sebagai alumni pelatihan ToT Google for Education yang diselenggarakan  PT. Duta Digital Informatika, Bang Iyon yang memberikan materi tentang Google Classroom. Google classroom menjadi salah satu alternatif pilihan yang diambil untuk materi pelatihan mengingat kemudahannya dan pertimbangan setiap siswa dengan HP androidnya pasti sudah memiliki akun google. Pelatihan digelar selama 2 hari, 21 dan 22 Juli 2020.

Para peserta merasa puas, karena materi yang diberikan cukup detail. Mulai dari pengenalan fitur antar muka, menambahkan siswa, menambahkan guru kolaborator, pembuatan soal online,  sampai pembuatan rubrik penilaian, pembobotan tugas, bahkan sampai cara mendownload hasil penilaian dari google classroom ke Excel.

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *