Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

3 Duta Sains PPPPTK IPA di Kabupaten Gunungkidul Diundang Dalam ToT Guru Pembina Ekstrakurikuler IPA

Selasa-Jumat,25-28 Agustus 2020 bertempat di Hotel Preanger Bandung diselenggarakan ToT Pembina ekstrakurikuler IPA oleh PPPPTK IPA. Sebagai lembaga yang menjadi ujung tombak pembinaan guru IPA, PPPPTK IPA menilai posisi ekstrakurikuler IPA sebagai wahana yang potensial untuk membina siswa menjadi lebih berliterasi sains dalam cara yang menyenangkan. Ekstrakurikuler diharapkan oleh PPPPTK IPA menjadi wadah yang tepat untuk membelajarkan IPA dari sisi literasii,desain rekayasa, dan interpreneur dalam satu paket kegiatan.

MGMP IPA SMP Gunungkidul, memiliki 3 duta sains yang kesemua terpilih untuk mengikuti diklat tersebut. Mereka adalah Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd, Arif Kristanta, S.Pd, dan Imam Wicaksono, S.Si, M.Pd. Tetapi karena alasan Kesehatan yang Bapak Sigit Suryono tidak bisa memenuhi panggilan, maka dari ketiga duta terundang tersebut hanya 2 duta yang bisa berangkat untuk mengikutinya.
Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul melalui bapak Kisworo, S.Pd, M.Pd menyatakan mendukung dan menyambut baik program PPPPTK IPA tersebut dan merespon undangan tersebut dengan menerbitkan surat tugas dalam waktu yang relatif singkat. Teriring pesan agar ketugasan dilaksanakan dengan baik dan pulang dapat mengimbaskan kepada teman teman melalui MGMP IPA SMP Gunungkidul demi menjadikan pendidikan IPA di Kabupaten Gunungkidul menjadi lebih baik.

Kepala PPPPTK IPA Bapak Enang Ahmadi, menyatakan dalam sambutannya bahwa ekstrakurikuler merupakan sarana yang strategis untuk membina siswa secara menyeluruh. Dengan ekstrakurikuler , guru diharapkan dapat membina siswa menjadi berliterasi sains, memiliki keterampilan rekayasa memanfaatkan sains untuk menyelesaikan permasalahan, sekaligus memiliki jiwa interpreneur. Di sisi yang lain menjadikan target pemerintah untuk meningkatkan skor PISA dalam IPA menjadi 500, tercapai secara bertahap dan berkesinambungan.

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *