Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

Workshop Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline bagi Guru MGMP IPA SMP Kab. Gunungkidul

Alhamdulillah dimulai awal bulan april kegiatan workshop media pembelajaran berbasis articulate storyline bagi guru IPA MGMP IPA SMP Kabupaten Gunungkidul sudah terlaksana dengan baik. Kegiatan ini diinisiasi oleh Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd selaku ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Gunungkidul bekerja sama dengan pengurus harian MGMP IPA yaitu Imam Wicaksono, S.Si, M.Pd, Iin Indriyati, S.Pd, M.Pd, Tri Umi Nurhidayati, S.Pd, Triyono, S.Si, M.Pd, dan Miftah Kudin, S.Pd.

Latar belakang dilaksanakan kegiatan Workshop ini adalah sebagai tindak lanjut usulan dari anggota mgmp dan juga program kerja dan janji MGMP akan melaksankan kegiatan workhop articulate storyline setelah pada tahun yang lalu bekerja sama dengan dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Gunungkidul melaksanakan kegaitan workshop pembelajaran berbasis TIK dengan materi Google Classroom dan Rumah Belajar. Dan dalam penutupan pengimbasan yang diikuti hampir seluruh guru IPA bahwa MGMP IPA SMP Kabupaten Gunungkidul akan melaksanakan kegiatan Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline dan alhamdulilah kegiatan workshop dapat dilaksanakan secara online dikarenakan adanya wabah pandemic covid-19.

Adapun nasarumber kegiatan ini adalah: Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd (Duta Rumah  Belajar/ Juara 1 Gurpes Tingkat Nasional 2015), Imam Wicaksono, S.Si, M.Pd (Duta Sains P4TKIPA), dan Triyono, S.Si, M.Pd (Peserta terbaik Workhop H5P yang diselenggarakan oleh P4TKIPA Tahun 2019).

Kegiatan workhop ini diikuti oleh 76 peserta yang  mendaftar melalui google form dan teman-teman yang konsisten mengikuti kegiatan ini melalui Google Classroom ada 51 orang. Adapun materi kegiatan ini meliputi:

  1.  Download program Articulate Storyline yang linknya sudah disipakan oleh Nara sumber.
  2.  Instalasi program articulate storyline
  3.  Dasar-dasar fasilitas dan menu articulate storyline (melalui youtube)
  4.  Membuat template melalui master slide pada Articulate Storyline (materi tutorial berupa tayangan youtube, dan ada asset yang harus di download oleh peserta)
  5. Mengembangkan media pembelajaran menggunakan slide yang sudah di kembangkan pada materi sebelumnya. (tutorial berupa tayangan di youtube, dan ada asset yang harus di download oleh peserta)
  6. Publikasi media pembelajaran dalam bentuk website maupun android. (tutorial melalui tayangan youtube)
  7.  Mengembangkan sendiri media dengan judul dari masing-masing peserta workshop.

Dalam setiap tahapan pelatihan tersebut setiap peserta harus mengupload hasil pekerjaannya melalui Kelas Pelatihan yang disipakan untuk peserta menggunakan Google Classroom. Dan dari hasil kegiatan workshop ini diharapkan bias terkumpul media pembelajaran  MGMP IPA SMP Kabupaten Gunungkidul dari kelas 7,8, dan 9 yang akan digunakan Bersama-sama saat oleh guru IPA di Kabupaten Gunungkidul. Dan guru yang berhasil menyelesaikan Program Workhop ini akan mendapatkan sertifikat 32 JPL yang di tandatangani oleh dinas Dikpora Kabupaten Gunungkidul. Semoga kegiatan workshop ini bias di kembangkan lagi untuk meningkatkan  kompetensi Guru IPA di MGMP IPA SMP Kabupaten Gunungkidul.

Jika pembaca blog ini ingin mempelajari pelatihan ini step-by-step bisa belajar melalui youtube channel sigit suryono, yang di deskripsi dari youtube ada link untuk mendownload asset.

postingan ini juga di terbitkan di web penulis: ciget.info

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *