Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

KARYA INOVATIF

KARYA INOVATIF

A Media Fisika Bersama

PEMANFAATAN ARENA PERMAINAN SAINS FISIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MULTIGUNA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Media multi guna adalah perpaduan antara berbagai media yang berupa  media jadi yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada peserta didik. Siswa  yang sering mengalami kesulitan dalam menerima materi pelajaran fisika karena keterbasan media pembelajaran dalam menjelaskan materi fisika. Siswa juga menganggap abstrak pada materi, sehingga sulit untuk memahami konsep-konsep dalam materi. Keterbatasan sumber daya menjadikan alat atau media pembelajaran khususnya pada materi mekanika gerak belum dikembangkan. Pembelajaran fisika pada materi  membutuhkan media yang dapat memvisualisasikan konsep–konsep yang ada di dalamnya. Oleh karena itu pendidik berusaha untuk mencari solusi dari masalah yang ditemukan di atas.

  1. Media pembelajaran permainan diharapkan memenuhi semua materi pelajaran fisika dari kelas X SMA, kelas XI SMA dan kelas XII SMA. Dari konsep materi pelajaran yang telah tersedia peneliti merancang teori dan mengaplikansikan dengan alat atau media. Dan merangkum kesemua alat atau media dalam suatu permainan arena.
  2. Arena permainan tersebut bersifat berkesinambungan dan terstuktur agar tiap materi tidak bergabung dengan materi lainnya. Pembuatan alat atau media diharapkan sesuai dengan kebutuhan agar hasil perhitungan tidak mengalami kebuntuan antara teori, konsep dan percobaan.
  3. Perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu tujuan pembelajaran, keefektifan, peserta didik, ketersediaan, kualitas teknis, biaya, fleksibilitas, dan kemampuan orang yang menggunakannya serta alokasi waktu yang tersedia. Untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang hal ini akan diuraikan sebagai berikut:
  4. (1).Tujuan pembelajaran. Media hendaknya dipilih yang dapat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya, mungkin ada sejumlah alternatif yang dianggap cocok untuk tujuan-tujuan itu. Sedapat mungkin pilihlah yang paling cocok. Kecocokan banyak ditentukan oleh kesesuaian karakteristik tujuan yang akan dicapai dengan karakteristik media yang akan digunakan.(2).Keefektifan. Dari beberapa alternatif media yang sudah dipilih, mana yang dianggap paling efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (3) .Peserta didik
  5. Penggunaan media pembelajaran fisika permainan  akan memberikan pengalaman belajar (learning experiences) yang sesungguhnya kepada siswa. Siswa dapat menyentuh dan mengobservasi benda tersebut dan memperoleh informasi yang diperlukan. Pemakaian media pembelajaran permainan dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Aplikasi media pembelajaran fisika permainan yang  menyeluruh pada semua materi pelajaran menunjukkan bahwa mempelajari fisika seperti memasuki arena sains fisika yang menyenangkan. Foto karya inovatif dapat dilihat di http://gg.gg/fotokaryainovatif

 

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *