Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

Ada Ledakan di Laboratorium P4TKIPA Bandung

Pak Sjaechu, panggilan akrabnya. Beliau sebagai widya iswara di P4TKIPA Bandung. Pertemuan kami dalam rangka kunjungan laboratorium kegiatan Diklat pengembangan aplikasi online untuk MGMP IPA, MGMP Fisika, Kimia, dan Biologi SMA. Pak Sjaechu berada di Laboratorium Karya inovasi sains IPA P4TKIPA dengan semangat menyambut kami dalam logat terasa banyumasan. Alat-alat peraga sederhana yang inovatif menjadi bagian kesehariannya.Alat peraga yang saling terintegrasi antara fisika, kimia, biologi.
Banyak alat yang memanfaatkan bahan yang tidak terpakai lagi, bahkan bahan bekas.Ada dari tabung neon, kaleng minuman, botol plastik dan lainnya. Hal yang menarik dari setiap buatan pak Sjaechu adalah ada saja pada alat yang dibuatnya boneka-boneka yang diikutkan pada alat peraga. “Untuk menghibur yang melihatnya, biar menyenangkan” Ujar beliau. Di setiap bagian ruangan terpampang spot-spot alat peraga yang telah diterangkan dengan enak dan bermakna kepada kami.
Ketika kami berada giliran spot alat peraga untuk menunjukkan gerak parabola beliau menceritakan alat yang dibuatnya sampai pada langkah kerja alat tersebut. Alat ini berupa model senapan yang dirancang dapat membuat lecutan api seperti pada kompor gas.
Lecutan api berada pada ujung senapan.Beliau menerangkan sambil mempraktikkannya. Roket dibuat botol plastik yang akan ditancapkan apa ujung senapan.
“Doorrr”, sontak kami kaget semua karena tidak menyangka akan ada bunyi ledakan yang sangat kuat. Apa gerangan yang terjadi? Pak Sjaechu menyampaikan itu terjadi karena reaksi udara di dalam botol roket dengan percikan api di ujung senapan. Botol roket setelah diisi etanol lalu dikeluarkan lagi tinggal yang tersisa pada dinding dalam botol ditutupkan pada senapan. Ketika terjadi percikan api maka timbullah ledakan yang menggerakan roket untuk meluncur karena dorongan ledakan sesuai arah sudut sudut senapan. Oleh karenanya roket meluncur dengan gerak parabola. Inilah menariknya, menerangkan gerak parabola dengan memadukan fisika dan kimia, ujar beliau.
Begitulah salah satu alat peraga yang sederhana dan inovatif yang ada di Laboratorium Karya inovatif Sains Ipa yang dikelola oleh Bapak Achmad Sjaechu, widya iswara P4TKIPA Bandung asal Purwokerto.
Kegiatan diklat dilaksanakan pada tanggal 7 – 10 Oktober 2019.
Ingin lihat videonya klik disini.. disini.. dan disini

By : Ekonug – MGMP Fisika Kab. Brebes

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *