Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan di Kelas VII SMP Negeri 20 Singkawang

Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi abad 21 dimana kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berkembang begitu cepat memiliki pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk pada proses belajar mengajar. Untuk mengimbangi pesatnya kemajuan teknologi saat ini salah satu upaya yang dilaksanakan di SMP Negeri 20 Singkawang adalah dengan memanfaatkan teknologi pada proses pembelajaran. Hal ini tentunya sangat membantu dalam memecahkan permasalahan belajar yang kerap terjadi di sekolah.

Berdasarkan hasil observasi didapat bahwa untuk nilai rata-rata peserta didik masih jauh di bawah KKM terutama pada mata pelajaran IPA. Rendahnya hasil evaluasi tersebut disebabkan antara lain yaitu metode dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik, motivasi, minat dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sangat rendah sehingga terlihat sebagian besar siswa belum siap menerima materi pembelajaran dalam setiap pertemuan sehingga berdampak pada hasil belajar siswa.

Salah satu tindakan yang harus dilakukan oleh guru dalam upaya untuk meningkatkan minat, motivasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran adalah dengan menerapkan pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa tidak mengalami kebosanan. Teknologi yang berkembang saat ini memungkinkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, salah satu diantaranya adalah dengan menghadirkan game atau permainan interaktif menggunakan aplikasi pembelajaran Kahoot!. Dengan pemanfaatan aplikasi Kahoot! ini diharapkan peserta didik dapat memahami materi dengan menyenangkan baik secara bersama-sama dalam kelompok ataupun secara individu, serta munculnya kerjasama dalam belajar dan persaingan antar individu dalam kelompok maupun antar kelompok.

 

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *