Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

Karya Tulis Ilmiah Berupa PTK dari anggota Komunitas MGMP IPA Rayon 4 Kabupaten Garut

Penelitian Tindakan Kelas yang di Publikasikan

melalui MGMP IPA Rayon 4 Kabupaten Garut

ABSTRAK

Siti Nuraini,  2019. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (4 Cs) pada Kompetensi Dasar Getaran, Gelombang dan Bunyi di Kelas VIII I Tahun Pelajaran 2018-2019 SMP N 1 Leles Kabupaten Garut. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Leles Kabupaten Garut Semester Dua/Genap Tahun Pelajaran 2018-2019.

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan pembelajaran yang terjadi di SMPN 1 Leles yaitu pembelajaraan Kurikulum 20013 masih berorientasi pada keterampilan berpikir  tingkat rendah, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal, dan kemampuan guru IPA untuk melaksanakan eksperimen/praktikum belum memadai sehingga hasil belajar peserta didik Kelas VIII pada Mata pelajaran IPA masih rendah. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dikelas VIII I. Metode penelitian dilakukan dengan membandingkan hasil belajar aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sebelum dan sesudah penelitian. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dan dihitung prosentase peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Hasil analisis data setelah penelitian menunjukan bahwa untuk aspek pengetahuan prosentase peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi sesudah penelitian adalah sebesar 67,58 % dengan predikat cukup. Pada aspek keterampilan prosentase peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi  sesudah penelitian adalah sebesar 9,7  % dengan predikat baik. Gambaran aspek sikap terdapat  peningkatan sebesar 14,4 % dibandingkan dengan sebelum penelitian. Berdasarkan data-data penelitian  dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik Kelas VIII I. Dari penelitian ini yang dapat disampaikan sebagai saran adalah mengkombinasikan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan media pembelajaran berbasis TIK, menyusun bahan ajar sebagai alternatif sumber belajar,  menyusun pedoman pelaksanaan praktikum.

Kata kunci : pembelajaran berbasis masalah, media pembelajaran, keterampilan berpikir tingkat tinggi  aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *