Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS BERBASIS PERMAINAN OLEH ANGGOTA MGMP IPA SMP/MTS KOTA PEKANBARU

PEMBELAJARAN DILUAR KELAS BERBASIS PERMAINAN

Kardus bekas dapat digunakan sebagai pembuatan media pembelajaran yang sederhana dan murah. Penggunaan barang bekas berupa kardus bekas kemudian di gunakan sebagai media pembelajaran lalu di gunakan sebagai alat permainan siswa yang dapat di lakukan di luar kelas.

Permainan ini hanya permainan sederhana berupa permainan “SUSUN KATA”  sesuai KD/Materi pelajaran. Guru membuat pertanyaan -pertanyaan kemudian siswa dalam kelompok mencari jawaban dengan menyusun huruf-huruf yang sudah ada ditulis pada kertas kardus bekas sehingga tersusun kata yang sesuai dengan pertanyaan guru.

Pembelajaran diluar kelas ini selain untuk menghilangkan kebosanan siswa karena belajar di dalam kelas juga pembelajaran ini berupa permainan yang dapat mengoptimalisasikan karakter siswa. Pada pembelajaran berupa permainan diluar kelas ini dapat memancing rasa kepemimpinan/leadership dan juga kerjasama dalam kelompok/team work.

Selain itu pastinya pembelajaran diluar kelas ini akan membuat siswa lebih bergembira karena mereka tertantang untuk melakukan permainan. Siswa dalam kelompok harus berusaha menjawab sambil melakukan permainan susun kata. Pada Pembelajaran ini seluruh siswa nampak bergembira karena tertantang dalam melakukan permainan.

 

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *