Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

CARA MUDAH MENYELESAIKAN SOAL PILIHAN GANDA

Menyelesaikan soal dalam jumlah banyak terkadang menjadi momok bagi peserta didik. Hal itu terjadi karena durasi waktu yang tidak mencukupi bagi siswa. Untuk itu penulis mencoba untuk menyajikan suatu ide mengenai penyelesaiam masalah tersebut.

PENERAPAN METODE GASING DALAM MENYELESAIKAN SOAL PILIHAN GANDA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X

Fisika merupakan suatu mata pelajaran yang bagi sebagian besar peserta didik sebagai pelajar yang sulit. Keluhan peserta didik tentang sulitnya memahami fisika banyak sekali alasannya antara lain fisika banyak menghafal rumus, konsepnya sulit untuk dipahami, sulit dalam perhitungannya dan sulit dalam memahami soal fisika. Dalam belajar fisika peserta didik dituntut dapat berpikir logis, aktif, teliti untuk itu perlu latihan secara tekun. Fisika sebagai ilmu yang mendasari ilmu pengetahuan sains dan teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Untuk itu ilmu fisika harus dkembangkan dalam pendidikan dasar hingga pendidikan tingkat atas seiring perkembangan zaman. Oleh karena itu, perlu adanya jalan keluar agar fisika tidak lagi membosankan tetapi menjadi mata pelajaran yang mudah dan menyenangkan bagi peserta didik.

Paradigma pembelajaran fisika yang digunakan dalam literatur selama ini berfokus pada rumus-rumus yang harus dihafalkan. Rumus-rumus fisika dicari melalui generalisasi gejala-gejala fisika sehingga untuk menyelesaikan soal-soal fisika peserta didik diperlukan hafalan rumus. Untuk itu  diperlukan daya hafal yang cukup, padahal sering kita jumpai pada kebanyakan peserta didik yang mempunyai logika yang tinggi tidak menyukai dan merasa sulit hafalan.

Dari kenyataan tersebut, perlu perhatian khusus bagi para guru agar peserta didik mampu menyelesaikan soal berupa pilihan ganda untuk materi kinematika gerak lurus walaupun peserta didik tersebut belum menguasai rumus.

Berangkat dari latar belakang permasalahan tersebut penulis ingin merubah metode yang biasa digunakan peserta didik dengan bermodalkan rumus menjadi menggunakan logika sehingga peserta didik akan mudah memahami, merasa tertarik dan menyenangkan dan akhirnya menghasilkan prestasi yang lebih baik. Salah satu metode yang penulis gunakan untuk merubah kondisi tersebut di atas adalah menggunakan metode gasing.

Berikut contoh penyelesaiain soal dengan metode gasing:

Mobil bergerak dengan laju 15 km/jam. Berapa jauh jarak yang ditempuh dalam waktu 8 jam?

Dengan rumus

Diketahui :

v = 15 km/jam

t  = 8 jam

Ditanya : s = ?

Jawab

s = v x t

= 15 km/jam x 8 jam

= 120 km

Jadi, jarak yang ditempuh setalah 8 jam adalah 120 km

Konsep Gasing

Kecepatan 15 km/ jam artinya setiap 1 jam, mobil bergerak sejauh 15 km. Dengan demikian untuk waktu 8 jam mobil menempuh jarak :

15 km/jam x 8 jam = 120 km

 

 

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *