Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

Karya Tulis – Kuis Indosat Galileo Buat Kita Paham Konsep Lho

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA  “KUIS INDOSAT GALILEO” PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA

Oleh: Dian Mufarridah, M.Pd. (Guru Fisika SMAN 2 Bontang – Anggota MGMP Fisika SMA Bontang)

Penelitian ini bertujuan menentukan pengaruh penggunaan media “Kuis Indosat Galileo” terhadap keterampilan berargumentasi siswa, sehingga dapat ditentukan hubungan langsung antara penguasaan konsep dan keterampilan berargumentasi.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMAN 2 Bontang TP 2016/2017. Subjek penelitian terdiri atas dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan tes pilihan ganda berargumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis jalur, independent sample t-test, dan deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan antara penggunaan media “Kuis Indosat Galileo” dengan penguasaan konsep sebesar 0,902; (2) terdapat hubungan antara penguasaan konsep dan keterampilan berargumentasi sebesar 0,637; (3) terdapat hubungan antara penggunaan media “Kuis Indosat Galileo” dan keterampilan berargumentasi sebesar 0,642; (4) terdapat perbedaan penguasaan konsep secara signifikan antara kelompok eksperimen (79,60) dan kelompok kontrol (56,97); dan (5) terdapat perbedaan keterampilan berargumentasi secara signifikan antara kelompok eksperimen (34,80%) dan kelompok kontrol (12,26%).

Link Berita di sini

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *