Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

MODELING INTRUCTION JILID 2

Nagoya dalam catatan Ke 4, 19 Maret 2019

MODELING INTRUCTION JILID 2

Modeling Intruction Pada Pembelajaran Biologi materi Klasifikasi dengan Narasumber Chantell Dooley, Ph.d of USA. Implementasi tentang pembelajaran Modelling Intruction pada pembelajaran Biologi cara yaitu membuat klasifikasi pada makhluk hidup oleh dan melakukan kegiatan observasi terhadap pertumbuhan bakteri dan membuatnya dalam bentuk grafik dan table. Proses ini menunjukkan bahwa model instruction terjadi proses belajar dan cara belajar dimana semua yang dikerjakan oleh siswa merupakan hasil dari proses, mengobservasi, mengidentifikasi dan mengolah data kemudian mengkomunikasikannya.

Dalam proses PBM nya dikegiatan diskusi dan sharing hasilnya, semua hasil diskusi dan kesimpulan yang diberikan tidak ada yang benar juga tidak ada yang salah, tetapi lebih kepada proses bagaimana cara berpikir dan proses berpikir yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut, disertai bukti dan alasannya, dan pada suatu waktu diharapkan akan menemukan kesalahan tersebut sebagai evaluasi terhadap pembelajaran yang sudah diterimanya.

Inti nya siswa dibiarkan dalam perspektifnya masing-masing terhadap suatu fenomena kemudian memberikan pendapat, alasan, dan kesimpulan terhadap perpektif mereka yang diserat dengan bukti dan alasan-alasan.

Hasil pembelajaran yang didapatkan yaitu tentang materi yang diberikan adalah bahwa dalam kehidupan pembagian organisme menurut  dikelompokkan menjadi prokaryotic dan eukariotik ( ada tidaknya membrane inti sel ). Organisme Eukariotik terdiri Protista,  dari Fungi, Animalia dan Plantae, sedangkan Prokaryotik adalah kelompok bakteri, dengan berdasarkan ciri-ciri yang yang dicantumkan dalam kertas yang telah dibagikan kemudian ditentukan kelompoknya berdasarkan dengan ciri-ciri yang disepakati dari yang tercantum pada kartu. Kemudian kegiatan berikutnya membuat table pertumbuhan bakteri dan mengolah data nya dalam bentuk grafik dan menganalisisnya berdasarkan data yang tercantum. Kegiatan yang lain mendiskusikan ciri-ciri virus sebagai suatu objek yang dikatakan makhluk hidup dan makhluk tidak hidup dengan mengidentifikasi berdasarkan artikel.

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *