Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3

Alhamdulillah, mendapatkan kesempatan langka untuk menyimak pemaparan penelitian tentang kebahagiaan siswa Jepang dan Finlandia #ResumeBelajarDiJepang

Apakah kebahagiaan? itu merupakan kata yang sering kita dengar, tetapi mungkin sulit untuk kita deskripsikan. Selain itu, patokan bahagia untuk tiap orang akan berbeda, sebagian orang mungkin sudah bahagia dengan kondisi yang kecukupan, sebagian mungkin memerlukan kondisi tertentu untuk menjadi bahagia. Bagaimana dengan siswa?

Sebuah kesempatan langka tentu tidak kami sia siakan saat ada kesempatan untuk mengikuti seminar hasil penelitian yang membandingkan tentang tingkat kebahagiaan antara siswa Finlandia dan Jepang. Peneliti yang berlaku sebagai seminator dalam penelitian ini adalah Yuki Ninomia dan Soili & Esko Keskinen.

Dalam pemaparan Yuki yang mengambil sampel siswa sekolah dasar, didapatkan hasil penelitian yang menyatakan bahwa secara kualitatif siswa jepang lebih bahagia dari siswa finlandia. Hasil yang berbeda dinyatakan oleh Soili dan Esko Keskinan, dinyatakan oleh beliau berdua bahwa “State Of Mind” siswa finlandia lebih baik dari siswa jepang.

Hikmah dari apa yang disampaikan kedua pemateri adalah definisi, sisi pandang ilmiah, serta metode sangat menentukan hasil dari sebuah penelitian. Semoga kita semua selalu bahagiadi Dunia dan di Akhirat Kelak.Amin

Sumber Gambar: https://www.utu.fi/fi/ajankohtaista/uutinen/soili-keskinen-esitteli-palasen-japania

Loading Likes...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *